Cari Blog Ini

Kamis, 08 Oktober 2020

Tugas 1 Individu Cara Sistem Operasi

 Pengertian Sistem Operasi 

Pengertian Sistem Operasi Secara Umum

Menurut Pengertian Wikipedia, Sistem operasi (bahasa Inggrisoperating system; disingkat OS) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai daemon untuk program komputerDalam hal ini, sistem operasi memiliki penjadwalan sistematis yang mencakup perhitungan penggunaan atau memakaian memori, pemrosesan dan penyimpanan data, serta sumber daya lainnya.

Sistem Operasi merupakan suatu perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk mengatur sumber daya dari perangkat keras (Hardware) serta perangkat lunak(Software), dan juga digunakan sebagai jurik (daemon) untuk program komputer.

Dalam buku yang ditulis oleh Fajrillah dengan judul Sistem Operasi Komputer, definisi Sistem Operasi adalah pengelola sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system call) yang sering disebut “tools atau utility” berupa aplikasi ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan ketika pemanfaatan sumber daya komputer tersebut.

Definisi lain yang disebutkan mengenai sistem operasi ada 3, antara lain:

1. Resource allocator

  • Mengatur resource.
  • Mengalokasikan dan mengontrol pemakaian resources dari berbagai program atau aplikasi.

2. Control program

  • Mengendalikan eksekusi user program dan pemakain sistem resource (contoh: operasi pada I/O device) => handal, reliable, dan terlindung.
3. Kernel

  • Sistem program yang berjalan terus menerus selama komputer aktif
  • Kontras dengan aplikasi atau program yang di “load”, dengan melakukan eksekusi dan terminasi.

Sistem Operasi juga perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara pemakai komputer dan perangkat keras. Sistem operasi adalah sebuah sistem program yang paling penting merupakan landasan dari perangkat lunak-perangkat lunak yang lain.

Pengertian Sistem Operasi Menurut Ahli

  • Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi operasi dasar sistem termasuk menjalankan program aplikasi. (Iim Rusyams)
  • Sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan dalam komputer. (M. Suyanto)
  • Sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen kerja dan memuat metode kerja yang digunakan untuk memanfaatkan mesin sehingga dapat bekerja sesuai yang diinginkan. (Abas A Pangera)
  • Sistem Operasi adalah sebuah program yang berkerja sebagai perantara antara client atau pengguna dengan hardware komputer. (Abraham Silberschatz, Galvin, Gagne (2003))
  • Sistem Operasi adalah sistem yang diperlukan supaya komputer bisa menjalankan seluruh aplikasi program maupun software yang ada di dalamnya. (Fery Indayudha)

  • Sistem Operasi adalah software yang dapat berkomunikasi langsung dengan hardware. (Sunarto)

  • Sistem Operasi adalah program komputer yang berfungsi sebagai pengendali sumber daya hardware serta software yang terdapat di dalam komputer. (Mc Leod)

  • Sistem Operasi merupakan software atau perangkat lunak yang mengoperasikan komputer. (Ali Zaki)

  • Sistem Operasi adalah program pertama komputer yang ada di dalam komputer. (Zainal Abidin)

  • Sistem Operasi adalah Program utama yang langsung berinteraksi lewat bahasa yang dikenal oleh mesin komputer yakni bahasa komputer. (Haer Talib)

Gambar Sistem Operasi

Pengenalan Sistem Operasi

Secara umum, sistem operasi terdiri atas beberapa bagian, antara lain:
  1. Mekanisme Boot yaitu untuk meletakan kernel ke dalam memori yang ada di komputer
  2. Kernel merupakan inti dari suatu OS
  3. Command Interpreter atau shell, berfungsi untuk membaca suatu inputan dari client
  4. Pustaka-pustaka, merupakan penyedia kumpulan beberapa fugnsi dasar serta standar yang bisa dipanggil oleh aplikasi lain.
  5. Driver, fungsinya untuk bisa berhubungan dengan hardware eksternal.

Ada banyak sekali berbagai macam sistem operasi yang bisa kita jumpai. Beberapa contoh diantaranya yaitu : DOS, Windows, MAC, Linux dan Android.

Pengertian Contoh Sistem Operasi Beserta Fungsi, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan

1. Sistem Operasi DOS (Disk Operating System)

Gambar DOS

Pengertian Sistem Operasi DOS (Disk Operating System)

Disk Operating System merupakan sebuah program perangkat lunak yang masuk dalam kategori sistem operasi dengan berbasis teks. Artinya seluruh perintah untuk menjalankan berbagai macam fungsi harus diketika dengan teks secara manual, berbeda dengan Graphich User Interface yang tersaji secara grafis sehingga memudahkan pengguna dalam menjalankan komputer, pengguna DOS harus memiliki kemampuan dan daya ingat yang luar biasa, karena harus menghafalkan berbagai macam perintah untuk menjalankan fungsi program.

Fungsi Sistem Operasi DOS (Disk Operating System)

Fungsi DOS adalah untuk menghubungkan pengguna komputer dengan perangkat komputernya, karena DOS merupakan sistem operasi yang sangat rumit pada waktu itu, dan tergolong sederhana jika kita melihat di zaman sekarang. DOS berfungsi untuk menjalankan berbagai macam program aplikasi yang tersedia, dan yang paling populer saat itu adalah sistem operasi sejenis word, atau pengolah kata, namun untuk menggunakannya harus menguasai berbagai macam kode program untuk menyeting struktur dari dokumen yang ingin di cetak, dan program aplikasi tidak terpasang secara permanen.

Selain Fungsi diatas Fungsi DOS yang lain sebagai berikut :
  • Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer 
  • Mengatur memori yang ada pada komputer 
  • Mengatur proses input dan output data 
  • Mengatur memori 
  • Management File
  • Management Directory
  • Menyelesaikan Troubleshooting
  • Mengamankan Data

Sejarah Sistem Operasi DOS (Disk Operating System)

DOS pertama kali dikeluarkan pada tahun 1981, seiring dengan diperkenalkannya komputer pribadi atau Personal Computer (PC) oleh IBM. Walaupun DOS ini dibuat oleh perusahaan pembuat software terkenal Microsoft, namun pada semua komputer buatan IBM, tidak lagi menggunakan nama Microsoft MS-DOS tetapi PC-DOS, hal ini karena IBM telah membeli lisensi dari Microsoft untuk setiap sistem operasi yang diinstall (dipasang) pada setiap komputer yang diproduksinya.

Sistem Operasi atau yang lebih kita kenal dengan sebutan OS (Operating System) diperlukan oleh komputer untuk melakukan booting. Pada DOS yang telah berhasil dibaca, maka akan muncul tampilan kursor yang dikenal dengan istilah DOS prompt.

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan beberapa versi MS-DOS yang pernah terkenal pada masanya dan terus berkembang dengan pesat sampai akhirnya MS-DOS habis masa waktunya.

1. Versi 1.00

Dibuat tanggal 12 Agustus 1981, Ini ialah versi awal di mana MS-DOS pertama kali diluncurkan oleh Microsoft. Isinya, tentu saja sangat primitif dan hanya berisi kerangka dasar saja: tidak ada tampilan grafik untuk mengelola berkas, tidak mendukung jaringan. Pokoknya, versi pertama DOS ini higienis dari embel-embel. Versi pertama dari DOS ini hanya mendukung IBM PC Model 5150 dan semua perangkat keras pendukungnya, ibarat hanya mendukung disket single-side floppy disk dengan ukuran 5½ inci berkapasitas 160K saja.

EDLIN.COM; EXE2BIN.COM ; LINK.EXE ; DEBUG.COM ; CHKDSK.COM ; DISKCOMP.COM ; DISKCOPY.COM ; COMP.COM ; SYS.COM ; RAMCLEAR.COM ; SETCLOCK.COM ; MODE.COM ; FORMAT.COM ; BASIC.COM ; BASICA.COM ; LABEL.EXE

2. Versi 1.1

Dibuat Mei 1982 Dukungan double side floppy disk 320K, dan file-file yang ada di dalamnya sama dengan versi 1.00, hal ini diakibatkan oleh IBM yang meluncurkan produk floppy disk drive gres untuk disket double-side  dengan ukuran 5½ inci berkapasitas 320K. Penggunaan double-side bagi floppy disk sangatlah berpengaruh, alasannya media penyimpanan tersebut sanggup menyimpan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan disket floppy single-side. Jangan tertawa melihat kapasitas disket yang didukung oleh MS-DOS 1.1.

3. Versi 1.25

Dibuat pada Mei 1982 Rilis pertama untuk klon IBM PC. Dan alasannya itulah IBM PC dan klon IBM PC yang kompatibel dengan IBM PC sangat sukses di pasaran. Ini merupakan kesuksesan tiga perusahaan: IBM, Intel, dan tentu saja Microsoft. File yang ada di dalam berkembang atau bertambah dari versi 1.00 :
TREE.COM ; MKDIR/MD ; CHDIR/CD ; RMDIR/RD ; MORE.COM ; LESS.COM ; SORT.COM ; ASSIGN.COM ; COLOR.COM

4. Versi 2.0

Dibuat pada Maret 1983 Dukungan untuk floppy disk 360K. derma untuk penggunaan struktur direktori  yang hierarkis (bercabang) ibarat layaknya sebuah pohon yang mempunyai akar (root) dan cabang (branch). Selain itu, MS-DOS 2.0 juga mendukung banyak sekali macam fungsi yang diadopsi dari UNIX, ibarat halnya penggunaan I/O redirection (>, >>, <, <<) dan print spooler. Fitur print spooler ialah fitur yang sanggup menyimpan berkas yang akan dicetak dalam sebuah memori penyangga sehingga berkas yang akan dicetak tidak pribadi dicetak, melainkan disimpan terlebih dahulu.

Tujuannya ialah semoga proses pencetakan sanggup berlangsung secara lebih cepat, dan pengguna tidak harus direpotkan untuk mencetak keseluruhan berkas kalau kertasnya habis, melainkan hanya membutuhkan kertas gres dan menekan tombol resume untuk melanjutkan. Sedangkan I/O redirection berfungsi untuk melaksanakan fungsi input  dan output yang dilakukan dari baris perintah. Selain kedua fitur yang diadopsi dari UNIX, DOS versi 2.0 juga memperlihatkan keleluasaan kepada Anda semoga sanggup memasang driver untuk DOS, dengan mengintegrasikannya di dalam berkas konfigurasi CONFIG.SYS.
GRAPHICS.COM ; GRAFTABL.COM ; PARK.COM ; PRINT.COM ; BACKUP.EXE ; RESTORE.EXE

5. Versi 2.05

Dibuat pada April 1983, Dukungan abjad kanji (Jepang). Jenis Filenya sama dengan versi 2.0. Mendukung time, date, currency, dan decimal symbols, 16-bit Japanese Kanji.Tahun 1984, IBM menciptakan PC AT dengan prosesor Intel 80286 yang menyediakan pengalamatan extended (extended addressing) dan karakteristik perlindungan memori (memory protection), user dan kernel mode, ring-based protection dan kemampuan menjalankan banyak aktivitas sekaligus. PC AT menyediakan disket 1.2M, battery backup clock, gosip konfigurasi pada CMOS, harddisk lebih dari 10M, mendukung RAM disk

6. Versi  2.10

Dibuat pada Okotber 1983, tidak ada perubahan yang signifikan pada versi ini jenis filenya pun masih sama.

7. Versi 2.11

Dibuat pada Maret 1984, juga tidak ditemukan perkembangan yang terbaru sama ibarat versi 2.10.

8. Versi 3.00

Dibuat pada Agustus 1984, DOS 3.0 ialah versi yang sanggup mendukung fungsi jaringan, walaupun terbatas pada jaringan dengan konsep kelompok kerja (workgroup) dan terkoneksi sebagai sebuah klien pada sebuah server. Pengguna sanggup memakai teknologi jaringan yang dibentuk oleh IBM, Token Ring pada sistem operasi DOS. DOS 3.0 juga mendukung floppy disk 3½ inci low-density yang berkapasitas 720K, Dengan penambahan file
FDISK.EXE ; FC.EXE ; APEND.COM ; RECOVER.COM ; NLSFUNC.EXE

9. Versi 3.10

Dibuat pada November 1984, Mendukung jaringan lokal (LAN) dengan komponen MS-NET, serta penambahan beberapa file ibarat :
SUBST.EXE ; SELECT.COM ; FIND.EXE ; SHARE.EXE ; REPLACE.EXE

10. Versi 3.20

Dibuat pada Januari 1986. Dukungan untuk topologi jaringan IBM Token Ring, juga derma untuk Flopy disk 720K 3.5 inci dengan penambahan file
Xcopy.exe

11. Versi 3.30

Dibuat pada April 1987, DOS 3.3 mendukung floppy disk 3½ inci high-density yang berkapasitas 1.44M. Dalam DOS versi 3 juga sanggup mendukung partisi pada hard disk yang mempunyai kapasitas hingga 32M, 12M lebih tinggi dibandingkan dengan DOS versi 2.0., dengan penambahan file :
FASTOPEN.EXE ; FASTHELP.EXE

12. Versi 3.40

Dibuat pada Juni 1988, sistem operasi dengan tampilan grafis mulai menjamur. Microsoft juga meluncurkan Windows versi 1.0 pada tahun 1985 dan Windows versi 2.0 pada tahun 1989. Pada DOS versi 4.0 ini, Microsoft menciptakan sebuah aktivitas shell dengan nama DOS Shell, yang mempunyai tampilan ibarat DOS Executive milik Windows versi 1.0. Pada ketika itu, ada sebuah aktivitas shell yang juga terkenal yang berjalan di atas sistem operasi DOS, dengan nama Norton Commander (NC) yang dibentuk oleh Peter Norton.

Dengan memakai shell, pengguna sanggup lebih gampang mengorganisasikan berkas dan arsip, dan menjalankan program, dalam satu layar saja. Selain itu, alasannya mouse sanggup mempermudah pengoperasian komputer, DOS Shell juga sanggup mendukungnya, dan penambahan beberapa file ibarat :
MOUSE.COM ; HIMEM.SYS ; SMARTDRV.EXE ; SETVER.EXE ; MIRROR.COM

13. Versi 4.01

Dibuat pada November 1988, hanya penambahan file RAMDRIVE.SYS

14. Versi 5.0

Dibuat pada Juni 1991,IBM memang gagal memperpanjang umur IBM PC, akan tetapi Microsoft terus membuatkan DOS dengan meluncurkan MS-DOS versi 5.0. Versi 5.0 ini dirilis pada tahun 1991, dan mempunyai banyak sekali fitur yang jauh lebih baik, ibarat halnya device driver yang sanggup diinstal pada area memori di atas 640K (HMA), dengan memakai parameter DEVICEHIGH pada berkas konfigurasi CONFIG.SYS dan LOADHIGH pada berkas AUTOEXEC.BAT sehingga memperbanyak kemungkinan untuk menjalankan aktivitas yang membutuhkan conventional memory (memori 640K awal yang dimiliki oleh komputer) yang lebih besar. dengan penambahan file :
EDIT.COM ; QBASIC.EXE ; DOSSHELL.EXE ; DOSKEY.EXE ; UNDELETE.EXE ; UNFORMAT.EXE ; MWUNDEL.EXE ; EXPAND.EXE

15. Versi 6.0

Dibuat pada Maret 1993, Versi ini mempunyai banyak utilitas tambahan, ibarat halnya Antivirus (MSAV.EXE), Virus Protection (VSAFE.COM) yang diadopsi dari Central Point PC-Tools. Selain itu, ada juga utilitas untuk melaksanakan defragmentasi hard disk (DEFRAG.EXE) yang diadopsi dari Symantec Norton Utilities, utilitas untuk mengusut hard disk dari kesalahan penempatan berkas dan kerusakan (SCANDISK.EXE) sebagai pengganti CHKDSK.EXE, dan banyak sekali perbaikan dari utilitas yang ada sebelumnya, dengan penambahan beberapa file ibarat :
EMM386.EXE ; DBLSPACE.EXE ; VSAFE.COM ; MSAV.EXE ; DEFRAG.EXE ; SCANDISK.EXE

16. Versi 6.20

Dibuat pada November 1993, mengurangi file DBLSPACE.exe, alasannya bermasalah dengan hak paten dengan Stac Techology sebagai pemilik paten file tersebut.

17. Versi 6.22

Dibuat pada Juni 1994, file DBLSPACE.EXE diganti DRVSPACE.EXE dengan fungsi yang sama, merupakan versi terakhir dari DOS yang bersifat stand-elone.

18. Versi 7.0

Dibuat pada April 1995, dirilis hanya beberapa bulan sebelum Microsoft meluncurkan Windows 95, sebuah versi Windows yang benar-benar independen dari MS-DOS. Sebenarnya, Windows 95 tidaklah benar-benar 100% bebas dari MS-DOS, hanya saja memang beberapa fungsionalitas yang sebelumnya ditangani oleh kernel MS-DOS, kini ditangani oleh Windows. Berkas MSDOS.SYS yang pada versi-versi sebelumnya ialah berkas biner (program), kini hanya berkas teks biasa, yang berisi perihal proses booting komputer saja, dan banyak sekali macam baris berisi “xxx” dengan fungsi yang tidak jelas.

19. Versi 7.10

Dibuat pada Agustus 1997, Ketika Microsoft meluncurkan Windows 98, Microsoft juga merevisi DOS menjadi versi 7.10 dengan derma untuk sistem berkas FAT32 yang jauh lebih efisien daripada sistem berkas FAT16. Fungsionalitas yang dimiliki MS-DOS 7.10 pun banyak dipangkas. Hasilnya, pada selesai tahun 1999, Microsoft meluncurkan versi Windows baru, dengan nama arahan Georgia  (Windows Millennium Edition) yang benar-benar tanpa DOS.

Sebenarnya, sistem operasi yang benar-benar tanpa DOS pernah dibentuk oleh Microsoft sebelumnya dengan Windows NT, hanya saja Windows NT ditujukan untuk kalangan minicomputer, server jaringan, mainframe, dan juga workstation. Penggunaannya yang rumit menjadikannya sangat sulit diadopsi oleh para pemula di bidang komputer.

Kelebihan Sistem Operasi DOS (Disk Operating System)

  • Dapat lebih gampang menciptakan folder bersama subfolder nya.
  • Dapat melihat file di suatu harddisk atau folder secara keseluruhan maupun yang di hidden.
  • Dapat mengcopy file lebih cepat dibandingkan sistem operasi berbasis GUI (Graphic Unit Interface).
  • DOS menampilkan aktivitas yang lebih "realistis" dibandingkan windows alasannya beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut).
  • Perintahnya sederhana untuk digunakan.
  • DOS tidak memakan banyak ruang pada hard drive, (hanya sekitar 8 MB untuk instalasi penuh).
  • DOS ialah OS yang mendasari pada semua hari produk Windows mendiskontokan baris NT (NT, Win2000, Win XP).
  • DOS murah, dan gratis kalau Anda pergi di internet.

Kekurangan Sistem Operasi DOS (Disk Operating System)

  • Resiko Kehilangan file lebih besar kalau kita sedang ceroboh atau tidak fokus.
  • Tampilan kurang menarik.
  • Pengoperasian nya masih berbasis teks.
  • Tidak ada GUI (tidak termasuk DOSSHELL dan pihak ke-3 GUI) jadi otomatis lebih ribet, alasannya pakai Command Line Interface dan interface pada instalasi dasar baris perintah saja
  • Windows yang kini (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan aktivitas DOS, sebagai buktinya, kalau menjalankan aktivitas DOS tanpa lewat CMD, pribadi ditutup sama Windowsnya.
  • Lebih sulit untuk dipakai daripada Windows.
2. Sistem Operasi Windows

Sejarah dan Perkembangan Sistem Operasi Windows


Pengertian Sistem Operasi Windows

Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.pada umum nya system oeprasi ini banyak sekali di gunakan oleh masyarakat, dari kalangan menengah ke atas hingga ke bawah. 

Fungsi Sistem Operasi Windows

  • Windows bertindak sebagai koneksi antara aplikasi dan perangkat keras, sehingga kedua aplikasi terintegrasi secara konsisten dan stabil dan dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • Kontrol dan kelola sumber daya yang berjalan, termasuk perangkat lunak dan perangkat keras, di satu komputer.
  • Kelola semua proses yang terdiri dari persiapan, perencanaan, dan pemantauan program yang dijalankan atau dijalankan.
  • Kelola dan kendalikan entri data (input) dan output data (keluaran).

Sejarah Sistem Operasi Windows

Windows pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985. Banyak yang telah berubah setelah beberapa dekade, tetapi beberapa telah dipertahankan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang riwayat Windows dari versi asli ke versi saat ini, mari kita lihat sekilas sejarah Windows berikut ini.

1. Windows 1 – November 1985

Gambar Windows 1

Dari sinilah Windows dimulai, pengembangannya dipimpin oleh Bill Gates, yang juga merupakan pendiri Microsoft. Windows 1 asli diperkenalkan pada tahun 1985. Ini adalah tes pertama dari versi 16-bit dari antarmuka pengguna grafis (GUI). Ciri khas Windows 1 adalah sangat bergantung pada penggunaan mouse.

Untuk membiasakan pengguna dengan sistem ini, Microsoft juga memasukkan game yang disebut Reversi, yang sangat bergantung pada kontrol mouse. Karena itu, pengguna terbiasa menggerakkan mouse.

2. Windows 2 – Desember 1987

Gambar Windows 2

Windows dikembangkan dua tahun setelah dimulainya Windows 1. Ini ditunjukkan oleh dimulainya Windows 2 pada Desember 1987. Salah satu inovasi terbesar dalam Windows 2 adalah kemampuan untuk meminimalkan atau memaksimalkan diri Anda, yang sebelumnya hanya mungkin dengan “melambangkan “atau” memperbesar “. , Panel kontrol dan berbagai pengaturan lainnya disatukan untuk membuatnya lebih mudah bagi pengguna, ini sebelumnya juga memakan waktu.

3. Windows 3 – Mei 1990

Gambar Windows 3

Windows pertama yang membutuhkan hard drive diperkenalkan pada tahun 1990. Windows 3 adalah versi Windows yang berhasil menyebar dan bersaing dengan Macintosh dari Apple Inc. dan Commodore Amiga. Windows 3 menyediakan kemampuan untuk menjalankan program MS-DOS yang juga mendukung 256 warna sehingga antarmuka pengguna terlihat lebih berwarna. Permainan kartu Solaitaire adalah salah satu inovasi di Windows 3.

4. Windows 3.1 – 1992

Gambar Windows 3.1

Windows 3.1 diperkenalkan pada tahun 1992 dengan fitur-fitur utama font TrueType. Gim Minesweeper dimulai dengan Windows 3.1, yang membutuhkan RAM 1 MB. Windows 3.1 juga merupakan versi Windows pertama yang didistribusikan pada CD-ROM.

5. Windows 95 – Agustus 1995

Gambar Windows 95

Hal yang paling mencolok tentang Windows 95 adalah pengenalan tombol Start dan menu Start, yang masih tersedia dan terletak di sudut kiri bawah layar. Windows 95 juga memperkenalkan sistem 32-bit yang dapat melakukan banyak tugas.

Tidak hanya itu, Windows 95 juga dilengkapi dengan taskbar untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan sistem operasi ini. MS-DOS masih memainkan peran penting dalam Windows 95, yang diperlukan untuk menjalankan berbagai program. Internet Explorer diperkenalkan di versi Windows ini.

6. Windows 98 – Mei 1998

Gambar Windows 98

Versi Windows ini, diluncurkan pada tahun 1998, dilengkapi dengan Internet Explorer 4, Outlook Express, Buku Alamat Windows, Microsoft Chat dan NetShow Player. Netshow Player diganti di Windows 98 2nd Edition pada 1999 oleh Windows Media Player.

Penggunaan USB mulai berkembang pesat di Windows 98, termasuk hub USB dan mouse USB. Salah satu perubahan paling penting yang juga dibuat di Windows 98 adalah model driver Windows untuk komponen dan aksesori komputer, driver yang kemudian mendukung semua versi Windows.

7. Windows Millennium Edition – September 2000

Gambar Windows Millennium Edition

Banyak yang berpendapat bahwa Windows ME adalah versi yang tidak bagus. Namun demikian, Windows, yang diperkenalkan pada September 2000, membawa serta beberapa konsep penting bagi penggunanya, seperti sistem pemulihan otomatis. Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7 dan Windows Movie Maker diperkenalkan untuk pertama kalinya di Windows ME.

8. Windows 2000 – Februari 2000

Gambar Windows 2000

Dapat digambarkan sebagai kembaran Windows ME sejak lahir pada tahun yang sama. Windows 2000 dikembangkan untuk Windows XP. Apa yang khususnya terlihat pada Windows 2000 adalah bahwa sistem hibernasi diperkenalkan, yang hadir pada saat yang sama dengan mode shutdown, restart dan standby.

9. Windows XP – Agustus 2001

Gambar Windows XP
Windows XP adalah salah satu versi Windows yang paling populer. Berbasis Windows 2000 dan elemen Windows ME yang ramah pengguna pada Windows XP, menu awal berwarna hijau dan bilah tugas memiliki tampilan visual yang luar biasa. Windows XP memperkenalkan ClearType, sebuah program yang membuatnya lebih mudah untuk membaca teks di layar, serta berbagai inovasi lainnya seperti pembakaran CD dan putar otomatis CD.

Windows XP adalah sistem operasi yang paling lama berjalan. Pembaruan Windows XP juga akan tersedia hingga April 2014, 13 tahun setelah peluncuran pertama. Masalah terbesar dengan Windows XP adalah keamanan (meskipun ada firewall). Karena popularitasnya, banyak peretas menggunakan program atau sistem Windows XP, misalnya di Internet Explorer.

10.Windows Vista – November 2006

Windows XP menjadi populer 6 tahun setelah diluncurkan setelah Windows Vista diperkenalkan pada November 2006. Di Windows Vista, penampilan Windows lebih berfokus pada elemen transparan seperti pencarian dan keamanan. Windows Vista termasuk Windows Media Player 11 dan IE 7 serta pengenalan suara, Wondows DVD Maker dan galeri foto.

Meskipun demikian, Windows Vista seringkali mengganggu pengguna tentang permintaan berbagai aplikasi yang ditawarkan. Windows Vista jalannya terlalu lambat bahkan pada komputer yang sudah lama, bahkan beberapa versi Vista tidak dapat digunakan pada PC tertentu. Bahkan, banyak orang mengatakan bahwa Windows Vista adalah “produk yang salah”.

11. Windows 7 – Juli 2009

Windows 7 dimulai dengan tujuan memperbaiki berbagai masalah dan kritik terhadap Windows Vista. Microsoft memperluas desain Windows 7 dengan lebih ramah pengguna. Windows 7 lebih cepat, lebih stabil, dan lebih mudah dijalankan, sehingga banyak pengguna beralih ke Windows 7 dari versi sebelumnya daripada XP atau Vista.

12. Windows 8 – Oktober 2012

Microsoft, yang diluncurkan pada Oktober 2012, berharap Windows 8 akan menjadi favorit baru bagi pengguna komputer (yang sebelumnya puas dengan Windows 7). Hal yang paling mencolok tentang Windows 8 adalah widget, yang menggantikan daftar program yang berbeda pada tombol Start.

Meski begitu, tampilan desktop masih sedikit mirip dengan Windows 7. Windows 8 dapat berjalan lebih cepat (terutama saat startup) daripada versi Windows sebelumnya. Windows 8 juga dilengkapi dengan USB 3.0.

13. Windows 8.1 – Oktober 2013

Sejauh ini, Windows 8 tidak memiliki tombol start di desktop. Ini kemudian diperbaiki oleh Microsoft, dengan Windows 8.1 dirilis pada Oktober 2013. Windows 8.1 menampilkan tombol Start lagi, tetapi dengan ikon dengan empat jendela (versi datar dari logo Windows) dan tidak dengan kata-kata “Mulai”. Mengembalikan tombol Start diharapkan akan membuat pekerjaan lebih mudah bagi pengguna yang masih menggunakan mouse dan keyboard tanpa layar sentuh.

Posisi tombol mulai di bawah Windows 8.1 sesuai dengan posisi Windows 7, yang terletak di sudut kiri bawah desktop. Perbedaan lain antara Windows 8.1 dan 8 adalah ukuran ubin di layar beranda. Ukuran ubin di Windows 8.1 terlihat jauh lebih fleksibel dan bervariasi.

14. Windows 10 – Juli 2015

Windows 10 dirilis pada Juli 2015. Windows 10 mempertahankan tombol peluncuran utama dengan desktop yang lebih seimbang. Windows 10 memiliki tampilan yang ramping dan minimalis untuk memudahkan pengguna untuk menggunakannya.

Beberapa fitur Windows 10 yang menarik adalah kemampuan untuk mengubah mode keyboard ke mouse dan tablet, mis. B. pada komputer seperti Surface Pro 3 yang dapat dihapus. Dengan banyak keuntungan menarik dan menarik dari Windows 10, banyak pengguna berduyun-duyun untuk meningkatkan dari sistem operasi lama mereka ke Windows 10.

Kelebihan Sistem Operasi Windows

  • Lebih mudah untuk digunakan karena lebih user friendly daripada os lain
  • Instalasi software lebih gampang dari OS lain
  • Pengembang software banyak yang berbasis under windows
  • Memiliki support driver yang lebih banyak sehingga hardware mudah dikenali
  • Memiliki perkembangan paling cepat karena tingkat kebutuhan pasar yang tinggi 
  • Tersedia ratusan GPL dan Freeware yang ditawarkan untuk windows
  • Lebih mudah melakukan perbaikan karena hampir semua orang telah terbiasa dengan windows

Kekurangan Sistem Operasi Windows

  • Lisensi windows masih sangat mahal dibandingkan dengan OS lain
  • Bukan OS open source sehingga terbentuknya komunitas jarang terjadi
  • Keamanan windows sangat rapuh, lebih sering terserang virus
  • OS terbaru selalu menuntut performa komputer yang lebih tinggi
  • Versi lebih tinggi berarti harus merogoh kocek lebih dalam

3. Sistem Operasi MAC

Perkembangan Sistem Operasi Mac Os - akhmad hamzah s - 0618104019
Gambar MAC

Pengertian Sistem Operasi MAC

Mac OS atau Macintosh Operating System adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer yang di gunakan untuk mengoperasikan komputer notebook apple macintosh. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal.

Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis GUI (Graphical User Interface). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple merupakan sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Fungsi Sistem Operasi MAC

  • Memulai Komputer
  • Menyediakan Antarmuka bagi Pengguna
  • Mengelola Program
  • Mengelola Memori
  • Menjadwalkan Pekerjaan
  • Melakukan Konfigurasi Perangkat
  • Membuat Sambungan Internet
  • Memantau Kinerja
  • Menyediakan Manajemen File atau Utilitas Lainnya
  • Mengendalikan Jaringan
  • Mengelola Keamanan

Sejarah Sistem Operasi MAC

System 1 (24 Januari 1984)

Gambar System 1

Pada tanggal 24 Januari 1984  Mac OS pertama dirilis, dengan nama System 1. Apple membuat OS ini sebagai satu-satunya OS di masa itu yang sepenuhnya menggunakan GUI. Sejak saat itu, GUI menjadi pionir akan perkembangan OS lain. System 1 hanya bisa menjalankan 1 aplikasi saja dalam 1 waktu, dengan kata lain, System 1 belum mampu melakukan multitasking.

System 2 (April 1985)

Gambar System 2

System 2 diperkenalkan Apple pada April 1985 yang dilengkapi dengan Finder 4.1 dan Mini Finder untuk membuka aplikasi dengan cepat. Selain itu juga diperkenalkan sistem pengambilan screenshot dengan menggunakan tombol Shift + Command + 3. Di System 2, pengguna bisa men-shutdown komputer melalui menu yang disediakan.

System 3 (Januari 1986)

Gambar System 3

Versi ini dirilis Apple pada bulan Januari 1986. System 3.0 hadir bersama dengan diperkenalkannya MacPlus. Dilengkapi dengan Finder 5.1, System 3.0 mampu berjalan lebih cepat daripada versi sebelumnya. Ini dikarenakan pada System 3.0 telah ada teknologi Disk Cache yang akan menyimpan kegiatan yang sering dilakukan di memori. Satu bulan kemudian System 3.1 dirilis. Dilanjutkan System 3.2 pada juni 1986 dan System 3.3 pada Januari 1987.

System 4 (Maret 1987)

Gambar System 4

Apple merilis System 4.0 dengan Finder 5.4 pada bulan Maret 1987. Selain perbaikan bug, tidak ada perubahan yang terlalu berarti. System 4.0 ini hanya bisa dijalankan di Mac dengan RAM 512k keatas. 1 bulan berselang, Apple merilis lagi System 4.1 dengan Finder 5.5 yang hanya bisa dijalanlan di Mac OS dengan RAM 1 Mb keatas.

System 5 (System Software 5 – Oktober 1987)

Gambar System 5

Pada bulan Oktober 1987 Apple merilis System 4.2 dengan Finder 6.0. Namun mereka menamakannya System Software 5. Di versi ini, copy paste sudah bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan dilengkapi progress bar dan tombol cancel. Di System Software 5 ini pula pertama kalinya Apple memperkenalkan fitur Multitasking melalui dirilisnya MultiFinder. Satu bulan kemudian yaitu November 1987, Apple kembali merilis System 4.3 dengan Finder 6.0 atau banyak yang menyebutnya sebagai System Software 5.1

System 6 (Juni 1988)

Gambar System 6

Apple merilis System 6 tepat pada bulan Juni 1988. Ini adalah sistem operasi yang dibuat dengan lebih stabil dan berjangka waktu lama. System 6 mampu berjalan dengan cepat dan bisa menjalankan Floppy Disk hanya dengan 300-400 Kb RAM saja, menyisakan banyak RAM untuk menjalankan aplikasi-aplikasi lainnya.

System 7 (13 Mei 1991)

Gambar System 7

Tepat pada 13 Mei 1991, Apple merilis sistem 7 dengan perubahan yang sangat signifikan. System 7 memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk membuka banyak aplikasi sepanjang masih ada memory yang tersisa. Di versi ini pengguna juga bisa share file di hardisk melalui network. Pada bulan Januari 1995, Apple merilis System 7.5 dan dilanjutkan dengan System 7.5.3 pada bulan Mei 1996.

Mac OS 7.6 (Januari 1997)

Gambar Mac OS 7.6

Apple mulai mengganti nama OS nya sejak dirilisnya System 7.6 pada Januari 1997. Mac OS 7.6 adalah System 7.6 yang diganti namanya dan sejak saat itu nama Mac OS mulai diperkenalkan untuk versi-versi selanjutnya.

Mac OS 8 (Juli 1997)

Gambar Mac OS 8

Pada bulan Juli 1997, Apple merilis Mac OS 8. Sistem operasi ini laku hingga 1,25 juta copy dalam waktu 2 minggu saja dan 3 juta kopi dalam waktu enam bulan yang menjadikannya software paling laris dalam periode tersebut. Mac OS 8 sangat stabil dan saat itu menjadi semacam software “yang harus dimiliki” oleh semua komunitas pengguna Mac di tahun 1997.

Mac OS 9 (Oktober 1999)

Gambar Mac OS 9

Pada tanggal 23 Oktober 1999 Mac OS 9 dirilis. Versi Mac OS  ini dipandang oleh Apple sebagai OS transisi dari versi 8 ke versi OS X. Di versi ini Apple memperkenalkan Multi User System, dimana setiap user bisa menyimpan data dan system settings mereka. Mac OS 9 memiliki implementasi dan manajemen memori yang lebih baik daripada versi-versi sebelumnya. Di versi inilah Apple memperkenalkan Apple Software Update ntuk mengupdate OS.

Mac OS X

Mac OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac OS. Berikut ini adalah perkembangan Mac OS X:

1. Mac OS X 10 (Cheetah)

Gambar Mac OS X 10

CEO Apple Steve Jobs menyebut Mac OS X sebagai platform penting bagi Apple setelah sistem operasi Macintosh pertama merevolusi industri pada tahun 1984. Saat diluncurkan 25 September 2001, versi pertama didukung 350 aplikasi di antaranya iMovie 2, iTunes, dan AppleWorks 6.1. Harganya waktu itu 129 dollar AS dan dipakai pada iMac, iBook, Power Macintosh G3, Power Mac G4, Power Mac G4 Cube, dan PowerBook. Di versi ini juga pertama kali diperkenalkan adanya Dock untuk pengaturan aplikasi Mac OS.

2. Mac OS X 10.1 (Puma)

Gambar Mac OS X 10.1

Apple pertama kali memperkenalkan versi kedua Mac OS X pada Juli 2001 pada acara Macworld dan baru dirilis 25 September 2011. Ini mungkin versi yang selisihnya paling cepat dari pendahulunya karena hanya enam bulan. Apple meningkatkan user interface dengan nama Aqua dan memperluas dukungan terhadap media dan perangkat seperti DVD, MP3, CD, printer, dan kamera digital. Harga satu unit lisensi saat itu juga 129 dollar AS.

3. Mac OS X 10.2 (Jaguar)

Gambar Mac OS X 10.2

Versi ketiga ini diperkenalkan pada Agustus 2002 namun baru tersedia di pasar 23 Agustus 2002. Untuk pertama kali, nama kodenya dipakai dalam media marketing. Ada 150 fitur baru antara lain iChat, filter junk mail, dan teknologi jaringan yang lebih baik. Dengan stabilitas yang lebih tinggi, peningkatan performa dan kecepatan serta kompatibilitas yang lebih baik.

4. Mac OS X 10.3 (Panther)

Gambar Mac OS X 10.3

Keluarnya versi keempat ini selisih lebih dari satu tahun dengan versi sebelumnya karena dirilis 24 Oktober 2003. Ada 150 fitur baru ditambahkan pada Mac OS X 10.3 ini, antara lain Finder dengan satu akses klik ke file dan folder, fitur tampilan Expose, dan iChat AV untuk video konferensi. Ada juga beberapa aplikasi baru yang disertakan seperti Font Book, FileVault, dan Safari. Inilah pertama kalinya browser Safari diperkenalkan untuk menggantikan Internet Explorer.

5. Mac OS X 10.4 (Tiger)

Gambar Mac OS X 10.4

Untuk versi kelima, selisih waktu dengan versi keempat malah lebih panjang lagi karena baru keluar April 2005. Namun, ada 200 fitur baru yang menarik seperti fungsi pencarian dengan Spotlight dan Dashboard yang mendukung widget untuk pertama kalinya.

6. Mac OS X 10.5 (Leopard)

Gambar Mac OS X 10.5

Leopard memulai debutnya pada oktober 2007 dengan perbaikan pada fitur pencarian file dengan Stacks, desain ulang Finder, Quick Look, dan untuk pertama kali memperkenalkan backup Time Machine. Mac OS X Leopard dirilis 26 Oktober 2007 dan hadir dalam 2 versi, desktop dan server.

7. Mac OS X 10.6 (Snow Leopard)

Gambar Mac OS X 10.6

Snow Leopard yang muncul Agustus 2009 mungkin pembaruan besar-besaran secara sistem keseluruhan karena Apple menyatakan telah memperbarui 90 persen dari 1000 proyek yang terlibat dalam pengembangan Mac OS X. Ukurannya hanya setengah versi sebelumnya karena cukup dengan media penyimpan 7 GB. Telah mendukung prosesor 64 bit.

8. Mac OS X 10.7 (Lion)

Gambar Mac OS X 10.7

Apple telah mendistribusikan versi uji coba kepada beberapa mitra pengembang. Beberapa fitur baru antara lain teknologi berbagi file secara nirkabel AirDrop dan desain ulang aplikasi Mail. Juga ada tool interface LaunchPad untuk menampilkan tampilan layar iPhone dan iPad ke Mac OS. Platform ini juga akan mendukung penuh layar multitouch.

9. Mac OS X 10.8 (Mountain Lion)

Gambar Mac OS X 10.8

Mountain Lion menyiratkan tidak terlalu banyak perubahan dibandingkan dengan versi sistem operasi sebelumnya, Mac OS X Lion. Mountain Lion akan dapat ditemukan pada komputer Apple model terbaru. Pemilik beberapa model komputer Mac terdahulu juga punya kesempatan untuk meng-upgrade sistem operasinya. Namun, model yang didukung terbatas kepada Mac yang memiliki prosesor 64 bit dan dapat menjalankan kernel 64 bit.

10. Mac OS X 10.9 (Mavericks)

Gambar Mac OS X 10.9

Jika sistem operasi Apple sebelumnya selalu menggunakan nama dari keluarga kucing besar, kali ini Apple nampaknya mulai bosan dan melabeli OS terbarunya dengan sebutan OS X Mavericks. Walau tidak banyak perubahan dari OS X Mountain Lion sebelumnya, namun OS X Mavericks diklaim mampu melakukan penghematan penggunaan baterai di perangkat laptop milik Apple.

11. Mac OS X 10.10

Gambar Mac OS X 10.10

Dalam gelaran Worldwide Developer Conference 2014, Apple memperkenalkan OS X terbarunya yang diberi nama Yosemite. Tampilan OS X Yosemite itu sedikit banyak mengadopsi tampilan iOS 7, yang mulai mengedepankan “flat design”. OS X Yosemite (OS X 10.10) melanjutkan tradisi baru Apple menggunakan penamaan dari nama tempat, yang dimulai sejak OS X Mavericks. Sebelum itu OS X menggunakan nama kucing besar, seperti OS X Tiger, OS X Lion atau OS X Mountain Lion.

12. El Capitan (Mac OS X 10.11)

Gambar Mac OS X 10.11

Dirilis untuk konsumen pada akhir tahun 2015. Nama El Capitan sendiri di ambil dari sebuah nama formasi bebatuan yang ada pada taman nasional Yosemite. Ini adalah penerus sekaligus menyempurnakan dari OS X Yosemite dan difokuskan pada peningkatan kinerja, stabilitas dan keamanan data.

Menurut sejarah dan perkembangan Macintosh OS kita bisa menyadari jika panjang sekali perkembangan teknologi yang diusahakan oleh Apple, terus berusaha mengembangkan sistem operasi agar menjadi lebih baik lagi dan lebih sempurna hingga pengguna bisa melakukan multitasking dengan sangat mudah.

Kelebihan Sistem Operasi Windows

  • Lebih stabil karena menggunakan UNIX.
  • Bisa mengenal file format windows.
  • Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia.
  • Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
  • Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak.
  • Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data.
  • Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword,
  • Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus.
  • Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
  • Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.

Kekurangan Sistem Operasi Windows

  • Mahal
  • Hanya cocok untuk graphic designer
  • Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang   tidak menggunakan sistem Mac OS
  • Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
  • Software di Mac OS tidak begitu lengkap
  • Kurang cocok untuk aplikasi server dan game

4 . Sistem Operasi Linux

SISTEM OPERASI LINUX | PTI CYBER

Pengertian Sistem Operasi Linux

Pengertian Linux adalah sistem operasi yang menggunakan kernel linux. Kernel sendiri adalah bagian terkecil dari sistem operasi yang bertugas untuk melakukan manajemen cpu, memori dan perangkat -perangkat tambahan lain.

Linux adalah OS yang bersifat open source, yang berarti kode-kode sumber linux dapat digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas oleh siapapun. Lisensi linux yang berada dibawah naungan GNU pun Gratis, kita tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun jika ingin menggunakannya.

Fungsi Sistem Operasi Linux

  • Multi-tasking 
  • Multi-programming 
  • Multi-Processing 
  • Time-Sharing

Sejarah Sistem Operasi Linux

A. Awal Mula

Sistem Operasi Unix diimplementasikan oleh para peneliti di AT&T’s Bell Laboratories pada tahun 1969. Lalu dirilis untuk pertama kalinya di tahun 1971 dalam bahasa assembly, sebelum diubah menjadi bahasa C di tahun 1973.

Penggunaan bahasa tingkat tinggi membuat Unix bisa digunakan di berbagai platform komputer yang berbeda. Unix menjadi berkembang pesat karena AT&T memberikan lisensi secara gratis. Namun pada tahun 1984 AT&T memisahkan diri dari Bell Lab, sejak itu Bell Lab mulai menjual Unix sebagai produk yang berbayar.

Pada tahun 1983, Richard Stallman memulai GNU Project yang bertujuan untuk menciptakan versi lengkap dari sistem Unix yang seluruhnya memakai software gratis. Di tahun 1985 terciptalah Free Software Foundation dan lisensi umum dari GNU ditulis pada tahun 1989.

Pada awal 1990, beberapa program yang dibutuhkan dalam Sistem Operasi telah berhasil dilengkapi, meskipun masih ada beberapa elemen yang belum komplit termasuk kernelnya. Linus Torvalds menyatakan jika pada tahun itu telah tersedia kernel GNU maka dia tidak akan membuat sendiri versinya.

Andrew S. Tanenbaum merilis MINIX pada tahun 1987 sebagai versi mini dari OS Unix yang ditujukan kepada para pelajar yang ingin memahami prinsip OS. Inilah yang dijadikan referensi oleh Linus Torvalds yang saat itu masih menjadi mahasiswa.

B. Pembuatan

Pada tahun 1991, Linus Torvalds yang masih kuliah di Universitas Helsinki menjadi penasaran dengan OS dan merasa frustasi gara-gara lisensi MINIX yang saat itu hanya bisa digunakan untuk keperluan pendidikan. Akhirnya dia mulai membuat kernel sendiri yang kemudian menjadi Linux Kernel.

Linus memulai pengembangan Linux Kernel di MINIX sampai menjadi semakin matang. Aplikasi GNU menggantikan semua komponen MINIX agar lebih bebas menggunakan kode gratis milik GNU Project, karena lisensi GNU GPL bisa dipakai di program komputer lain selama dirilis memakai lisensi yang sama.

Linus pun mengganti lisensi MINIX menjadi lisensi GNU GPL. Para pengembang mulai melakukan integrasi antara komponen GNU dengan Linux Kernel dan menghasilkan OS gratis yang berfungsi secara utuh.

C. Penamaan

Awalnya Linus Torvalds ingin memberi nama Freax yang berasal dari campuran antara free, freak, dan x dari Unix. Pada awal pekerjaannya, beberapa file memakai nama Freax selama hampir setengah tahun. Linus sebenarnya juga mempertimbangkan nama Linux, tetapi tidak memakainya karena dianggap terlalu egois.

Pada masa pengembangan, file yang dihasilkan diunggah ke FTP Server. Salah satu rekan kerja Linus yang bertugas sebagai admin FTP Server menganggap nama Freax kurang bagus, sehingga dia merubah nama project menjadi Linux tanpa konsultasi dengan Linus. Namun akhirnya Linus juga setuju dengan nama itu dan dipakai sampai sekarang.

D. Pengembangan

Penerapan Linux di lingkungan produksi justru diawali oleh komunitas super komputer, dimana organisasi seperti NASA mulai mengganti mesin mereka yang berharga mahal dengan komputer yang memakai Linux. Penggunaan dalam bidang komersial menyusul saat Dell, IBM dan HP memberikan penawaran dukungan terhadap Linux untuk melepaskan diri dari monopoli Microsoft dalam pasaran OS untuk desktop.

Kini Linux telah digunakan dalam berbagai perangkat komputer, mulai dari sistem tertanam (embedded) sampai super komputer, bahkan Linux telah dipercaya menjadi OS untuk pemasangan Server dibandingkan OS lainnya. Penggunaan untuk komputer desktop pun semakin meningkat dan distro Linux semakin populer di pasaran.

Kelebihan Sistem Operasi Linux

  • Linux dapat berjalan di dua mode.
  • Jarang crash atau nge-hang karena linux lebih stabil.
  • Memiliki komunitas di berbagai penjuru dunia.
  • Terdapat beragam pilihan seperti Ubuntu, Fedora, Debian, dan lain sebagainya.
  • Cocok untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum.
  • Memiliki pengamanan yang lebih unggul karena di desain multiuser sehingga apabila virus menyerang user tertentu, akan sangat sulit menyebar ke user lainnya.
  • Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau bisa juga menggunakan software emulator.
  • Linux sekarang sudah mudah di operasi kan.
  • Bersifat open source, bebas dan terbuka. sehingga tidak perlu biaya untuk mendapatkannya. LISENSI FREE  dan boleh di utak atik semaunya.

Kelemahan Sistem Operasi Linux

  • Proses instalasinya tidak semudah windows.
  • Struktur direktori dan hak akses yang membingungkan pengguna yang biasa memakai windows.
  • Banyak user yang belum terbiasa menggunakan linux.
  • Untuk administrator sistem yang belum biasa menggunakan Unix-like, maka harus belajar dulu.
  • Hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu memberi dukungan baik pada linux.
  • Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows. 

5. Sistem Operasi Android

Android App Distribution Agreements Do Not Foreclose Competition -  Disruptive Competition Project


Pengertian Sistem Operasi Android

Android (/ˈæn.drɔɪd/; AN-droyd) adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet.

Android adalah sebuah sistem operasi atau Operation System (OS) berbasiskan Linux. Sistem operasi ini dirancang khusus untuk dipasang pada perangkat smartphone dan juga tablet, dan juga menyesuaikan dari spesifikasi low-end hingga ke spesifikasi high-end.

Fungsi Sistem Operasi Android

Fungsi Android pada perangkat smartphone sangatlah banyak sekali, terlebih dengan dukungan pengembang aplikasi – aplikasi berbasis Android, menjadikan fungsi Android semakin meningkat, beberapa fungsi Android adalah sebagai berikut :

  1. Menjalankan fungsi dasar dari Smartphone seperti Telephone, SMS dan Internet.
  2. Dapat digunakan untuk mengelola data atau file.
  3. Dapat digunakan untuk Game dan Multimedia.
  4. Dapat digunakan untuk membuat aplikasi.
  5. Dapat digunakan untuk remote kontrol baik kesesama perangkat Android atau ke perangkat lain seperti Laptop dan TV.
  6. Dapat digunakan untuk melacak nomer seluler seseorang.
  7. Dapat digunakan untuk CCTV
  8. Dapat digunakan untuk pengusir serangga dan tikus.
  9. Dll

Sejarah Sistem Operasi Android

Awalnya android dibuat sebagai pendukung perangkat kamera digital supaya terhubung langsung dengan internet. Karena pangsa pasar tidak terlalu besar, maka selanjutnya android dikembangkan dalam perangkat mobile. Sementara pada saat itu keberadaan Symbian dan Windows Mobile adalah sebagai pemain utama.

Sejarah perkembangan Android dimulai tahun 2003 saat Andy Rubin, Rich Miner, Chris White dan NIck Sears mendirikan Android, Inc. Sebuah perusahaan besar di Palo Alto, California yang kemudian dipinang oleh Google pada tanggal 17 Agustus 2005.

Di bawah naungan Google, android menghilang dan tidak melahirkan apapun sampai pertengahan tahun 2008. Hingga pada 22 Oktober 2008, HTC Dream diluncurkan sebagai ponsel seluler komersial pertama yang berbasis Android.

Dua tahun setelahnya, ponsel pintar seri Nexus One diluncurkan oleh Google dengan bantuan HTC selama proses pembuatan. Hingga akhirnya melahirkan berbagai brand dari OEM yang berbeda seperti Asus, Samsung, LG dan lain sebagainya.

Selanjutnya perangkat Android mulai berkembang pesat dan menenggelamkan para pesaingnya. Bersama dengan perubahan, perkembangan dan perbaikan fitur yang membuat performa android lebih optimal.

Versi-versi Sistem Operasi Android

1.Android Astro 1.0 (Alpha)

Versi Android 1.0 ini dirilis pada 23 September 2008 dengan nama Alpha yang digunakan pada ponsel jenis HTC Dream.

2.Android Bender 1.1 (Beta)

Pada versi 1.1 rilisan 9 Februari 2009, google play store meluncur dengan nama android market.

3.Android Cupcake 1.5

Pada 27 April 2009, android versi 1.5 dengan nama cupcake dirilis secara komersil bersama fitur on-screen keyboard.

4.Android Donut 1.6

Android merilis versi donut 1.6 pada 15 September 2009 dengan mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1 x, VPNs.

5.Android Eclair 2.0 – 2.1

Kemunculan Eclair 2.0 – 2.1 pada 26 Oktober 2009, menggeser fungsi peta konvensional dengan fitur navigasi Google maps.

6.Android Froyo 2.2

Versi froyo atau frozen yoghurt rilis pada 20 Mei 2010 dengan berbagai fitur perbaikan pada sistem yang sudah ada.

Kemunculan Eclair 2.0 – 2.1 pada 26 Oktober 2009, menggeser fungsi peta konvensional dengan fitur navigasi Google maps.

Versi froyo atau frozen yoghurt rilis pada 20 Mei 2010 dengan berbagai fitur perbaikan pada sistem y

ang sudah ad

7.Android Gingerbread 2.3

Gingerbread 2.3 rilis pada 6 Desember 2010 dengan mengutamakan beberapa pembaharuan.

8.Android Honeycomb 3.0/3.1

Android meluncurkan versi honeycomb 3.0/3.1 pada 22 Februari 2011 untuk penggunaan OS android pada tablet.

9.Android Ice Cream Sandwich 4.0

Fitur yang ada pada versi tablet dimasukkan dalam Ice Cream Sandwich 4.0 yang diluncurkan pada 19 Oktober 2011.

10.Android Jelly Bean 4.1/ 4.2/ 4.3

Google now yang berfungsi untuk voice assistant diperkenalkan bersama dengan peluncuran versi Jelly Bean 4.1 di tahun 2012. Sedangkan fitur photo sphere, daydream dan lain-lain ada di versi 4.2, yang mana semua versi dimutakhirkan pada versi 4.3.

11.Android Kitkat 4.4

Key Lime Pie atau kitkat 4.4 yang rilis pada 31 Oktober 2013 hanya akan berjalan optimal pada perangkat dengan RAM minimal 512 MB.

12.Android Lollipop 5.0

12 November 2014 adalah waktu peluncuran Lollipop 5.0 yang membuat perubahan pada desain User Interface.

13.Android Marshmallow 6.0

Marshmallow 6.0 muncul bersama fitur canggih seperti search bar, sensor sidik jari dan sebagainya pada 5 Oktober 2015.

14.Android Nougat 7.0

Nougat 7.0 membuat perubahan besar sejak muncul pada 23 Agustus 2016 dengan 63 emoji baru dan multi-window.

15.Android Oreo 8.0

Oreo 8.0 hadir pada 21 Agustus 2017 dengan fitur-fitur yang multitasking serta penampilan UI yang lebih rapi.

16.Android Pie 9.0

Pie 9.0 dirilis pada 6 Agustus 2018 dengan membawa smart reply, digital wellbeing, adaptive battery dan lain-lain.

17.Android 10

Salah satu alasan versi ke 10 dinamakan Android 10 dikarenakan tidak adanya nama makanan yang berawalan Q.

Berdasarkan informasi, android 11 akan dirilis pada tahun 2020, namun tepatnya kapan belum ada kepastian.

Kelebihan Sistem Operasi Android

  1. Android bersifat terbuka, karena berbasis linux yang memang open source jadi bisa dikembangkan oleh siapa saja.
  2. Akses mudah ke Android App Market : Pemilik android adalah orang yang gemar utak atik handphone, dengan Google Android App Market anda bisa men-download berbagai aplikasi dengan gratis.
  3. Sistem Operasi Merakyat : Ponsel Android, beda sekali dengan iOS yang terbatas pada iphone dari Apple, maka Android punya banyak produsen hp China sampai yang terbaru Galaxy S III , dengan gadget andalan masing masing mulai HTC hingga Samsung.
  4. Fasilitas penuh USB. Anda bisa mengganti baterai, mass storage, diskdrive, dan USB tethering
  5. Home Screen Informatif, Mudah dalam hal notifikasi : sistem operasi ini bisa memberitahukan Anda tentang adanya SMS, E-mail, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader. Bahkan anda tidak akan terlewat dalam hal misscall sekalipun
  6. Mendukung semua layanan Google : sistem operasi Android mendukung semua layanan dari google mulai dari Gmail sampai Google reader. semua layanan google bisa anda miliki dengan satu sistem operasi yaitu Android.
  7. Install ROM modifikasi : kita kadang mendapati ROM yang tidak resmi. Maksudnya adalah versi yang telah rilis tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel kita, jalan terakhir kita adalah modifikasi. Jangan khawatir ada banyak custom ROM yang bisa Anda pakai di ponsel Android, dan dijamin tidak akan membahayakan perangkat anda.
  8. Widget, dengan adanya Widget di homescreen, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai settin          g dengan cepat dan mudah.
  9. Lebih banyak Model, Google telah menjalin kerjasama dengan berbagai vendor hardware ternama seperti Samsung, HTC, Motorola, Sony Ericsson dan lain-lain, karena kerjasama inilah masyarakat dapat dengan leluasa memilih model dari berbagai vendor.
  10. Multi-Tasking, Android mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus yang tidak terbatas, baik aplikasi-aplikasi yang berasal dari bawaan sistem atau tambahan dari Android Market.
  11. Setting yang Mudah, Sistem Android memang diluncurkan demi alasan kemudahan. Pengesetan ponsel berbasis OS ini untuk keperluan sehari-hari sesuai keinginan dan aktivitas pribadi bisa dengan mudah dilakukan. Pengesetan ini bisa dilakukan langsung dengan bantuan widget pada home screen. Kamu juga bisa membuat shortcut khusus untuk setting tertentu untuk dipasang di home screen.

Kelemahan Sistem Operasi Android

  1. Terhubung dengan internet : Android bisa dibilang sangat memerlukan koneksi internet yang aktif. Setidaknya harus ada koneksi internet GPRS di daerah anda, agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan kita.
  2. Perusahaan perangkat kadang lambat mengeluarkan versi resmi dari Android milik anda. Meskipun kadang tidak ada perbedaan mencolok dalam hal UI.
  3. Android Market kurang kontrol dari pengelola, kadang masih terdapat malware.
  4. Sebagai penyedia layanan langsung, terkadang pengguna sangat sulit sekali terhubung dengan pihak Google.
  5. Kadang sering terdapat iklan : karena mudah dan gratis, kadang sering diboncengi iklan. Secara tampilan memang tidak mengganggu kinerja aplikasi itu sendiri, karena memang kadang berada di bagian atas atau bawah aplikasi.
  6. Boros Baterai, ya memang android lebih boros dibandingkan dengan OS yang lain. hal ini karena memang OS ini banyak “process” di background yang mengakibatkan baterai cepat habis.
  7. Malware, Salah satu tingkat kelemahan yang paling mendasar adalah pada Android Market yang masih belum maksimal dalam menjaga dan mengelola semua file aplikasi dan game karena masih saja di temukan ada beberapa file aplikasi atau game yang terinfeksi dengan virus, spyware dan malware.

REFERENSI

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

                           TUGAS ETIKA PROFESI                                                                                   NIM     : 8...